Langsung ke konten utama

Perubahan Sosial di Kampungku Pada Masa Pandemi Covid19 

   Perkenalkan nama saya Milatul hasanah siswa dari SMA kelas 12 IPS 5, Saya tinggal di desa Sidorejo RT 03 RW 02 kecamatan Pamotan kabupaten Rembang, didesa saya yang penanggung jawab saskres COVID-19 itu kepala desa, setiap bulan biasanya diadakan penyemprotan disinfektan di setiap rumah(dor to dor) dilakukan oleh remeja desa sendiri,  juga ada pembagian masker setiap 1 kepala keluarga dikasih masker maksimal 3, dan sering terdapat pengumuman lewat speaker masjid bahwa warga desa Sidorejo harus menggunakan masker ketika keluar rumah, dan menjaga jarak ketika bertamu ke tetangga. Di setiap rumah disediakan sebuah tempat cuci beserta sabun yang wajib diletakkan di depan rumah masing-masing, di lingkungan desa saya masih banyak orang-orang yang tidak menggunakan masker tetapi orang-orang di desa saya sering menggunakan masker ketika waktu keluar dari lingkungan desa saja. Kegiatan di desa saya dulu pernah dihentikan seperti tahlilan, arisan, dll tetapi semenjak new normal diadakan tahlilan lagi tetapi diwajibkan membawa masker, sedangkan kegiatan arisan misalnya seseorang kalau sudah membayar arisan langsung pulang nanti kalau sudah di rolling yang dapat siapa nanti pihak ketua akan memberi tahu(informasi) kepada orang-orang yang ikut arisan. Di desa saya kebanyakan masih mengerjakan suatu pekerjaan sesuai dengan profesi masing-masing misalkan petani sampai sekarang pun masih melakukan pertanian sesuai kebutuhan sehari-hari yaitu menanam padi, jagung, kedelai, dll sedangkan orang-orang yang tidak bertani ada beberapa anggota keluarga yang kesulitan mencari penghasilan.Kemudian di desa saya Alhamdulillah sudah mendapatkan suatu bantuan dari pemerintah yaitu yang pertama sebagian masyarakat disekitar yang mendapat PKH selama Pandemi COVID-19 ini masyarakat mendapatkan sebuah bingkisan atau sembako, yang kedua yaitu masyarakat kalau tidak mendapat PKH masyarakat tersebut akan mendapatkan sebuah angklop yang berisikan uang. Di desa saya juga ada suatu pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan bisa langsung ke rumah Bpk. Lur tempatnya berdekatan dengan Masjid Sidorejo disana terdapat aneka sembako misalkan: ada sabun, sayuran, gula, minyak goreng, dan bagi anak-anak yang datang kesana anak tersebut akan mendapatkan sebuah Al-Qur'an. Di desa saya terdapat sebuah sekolahan yaitu Paut dan TK Al- Munjiyah, Mi Manbaul Falah, Mts.Sa.Raudhlatul Falah, dan Madrasah sore. Selama COVID-19 ini pembelajaran didesa saya dilakukan di rumah wali kelas masing-masing karena gurunya juga satu desa jadi anak-anak bisa berkomunikasi langsung tetapi selama pembelajaran tetap menggunakan masker dan jaga jarak, sedangkan kegiatan shalat berjamaah di desa saya sering terdapat beberapa orang yang tidak membawa sajadah atau menggunakan sajadah, dan masyarakat pun mengikuti protokol pemerintah yaitu menjaga jarak dan tidak bersentuhan langsung(berjabat tangan).
   Di desa saya sebelumnya jarang sekali mencuci tangan sesudah berkegiatan dari luar, dan masyarakat didesa saya juga jarang sekali memakai masker dan tidak sadarnya kotoran atau debu dari motor sedangkan sekarang semenjak ada COVID-19 didesa saya sudah disediakan sebuah tempat cucian tangan beserta sabunnya yang diletakkan di depan rumah dan masyarakat didesa saya sekarang juga banyak yang memakai masker ketika keluar dari desa. Didesa saya terdapat beberapa masyarakat tidak memperhatikan pelaturan pemerintah yaitu sering menjajan diwarung dan berbincang-bincang. Masyarakat didesa saya masih terbiasa membeli kebutuhan sehari-hari di pasar kalau gak di pasar pembeliannya lewat warung yang dekat dengan rumahnya sesuai kebutuhan masing-masing.
   Didesa saya masih melakukan kegiatan seperti biasanya, tetapi masyarakat didesa saya ketika keluar dari desa selalu menaati pelaturan pemerintah yaitu memakai masker, kalau ada suatu pendatang dimasyarakat desa saya sering berhati-hati dalam berkomunikasi takutnya ada yang terjangkit COVID-19.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silsilah Keluargaku😍

Assalamualaikum... TEMEN-TEMEN🤝    Dikesempatan kali ini saya Milatul Hasanah yang masih duduk dibangku SMA akan menjelaskan asal usul munculnya saya didunia ini 👨‍👩‍👧‍👦, langsung saja y TEMEN-TEMEN...    Disaat saya tanya silsilah keluarga kepada ibu dan bapak, beliau agak bingung karena ingatnya hanya sampai buyut, akhirnya saya mengunjungi rumah Mbah dari ibuk yaitu Mbah Keriyah, setelah saya bertanya tanya beliau juga lupa akan namanya canggah saya, jadi informasi yang saya dapat hanya sampai buyut. Saya juga mengunjungi buyut saya dari bapak yaitu buyut Demi, buyut sudah sepuh tapi beliau masih bisa jalan kemana-mana, beliau tinggal di desa Bayurip, saya suka sekali kalau maen ke rumahnya buyut karena beliau tinggal sendirian(tak mau menyusahkan anak²nya), didepan rumahnya beliau sering sekali digunakan untuk berkumpul-kumpul seperti: menunggu dagangan sayur lewat, menjaga silaturahmi, berbincang-bincang, dll. Saya dapat informasi silsilah dari bapak hanya sampai

PEMETAAN POTENSI DESA SIDOREJO DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLEMAPS

A. Fasilitas Keagaamaan 1. Masjid al Mubarok Masjid al mubarok adalah tempat ibadah desa sidorejo yang sering digunakan untuk berjamaah bersama seperti: sholat idhul fitri, sholat idhul addha, sholat gerhana, dll. Dimasjid al mubarok ini juga digunakan untuk mengajar kitab anak-anak desa sidorejo,  https://goo.gl/maps/oq284NXXrMAbc7bo9 2. Masjid Lengkong https://goo.gl/maps/HQZ6EmZn9bkgG4fz8 3. Masjid At Taqwa Lengkong https://goo.gl/maps/PcU8f6YAtsHmtPkq8 4. mushola Al Ikhlas https://goo.gl/maps/rReoN7MYH1h3QcgRA 5. Musholla Al-faudah https://goo.gl/maps/WyJjPV3jseeXaU3TA 6.   Mushola Sendang Tondo https://goo.gl/maps/1CGYZEafaaFb9Ek88 B. Fasilitas Pendidikan 1. Pondok pesantren as syuffah https://goo.gl/maps/ggvkQH3ANsTxnJds9 C. UMKM Desa Sidorejo 1. Toko Pertanian https://goo.gl/maps/VKHqTxL7HC5R2wnE7 2. Rurico coffee https://goo.gl/maps/N1R3jgJSyTnYiCPm7 3. Rumah Jahit Shopia Almaas https://goo.gl/maps/2SqJ16c7dpNE2hub8 4. Toko Mami Iis Sido Rejo https://goo.gl/maps/yZ9uVSZQrEgE13M